Pengajaran Tematik

Pembelajaran Holistik

Pembelajaran holistik merupakan pembelajaran menyeluruh yang melihat suatu fenomena alam atau sosial dari berbagai sudut pandang. pelaksanaan pembenalajarn ini mengintegrasikan semua mata pelajaran dalam satu kegiatan (proyek) dengan mengangkat tema aktual tertentu. Pembelajaran yang berpusat pada kepentingan siswa, kecakapan hidup (skill life), serta kenyamanan siswa. Lewat pembelajaran joyful learning anak akan belajar dalam suasana bermain. Semua materi pelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata dan perkembangan psikologis anak.Setiap topik pelajaran dibahas secara komprehensif dari berbagai dimensi sesuai taraf pikir anak. Studi ke tempat pengamatan cuaca (klimatologi), kemudian dibahas/didiskusikan dalam mata pelajaran matemateka, IPA, PKN, IPS akan mengantarkan siswa pada pemahaham iklim global maupun iklim mikro secara utuh.

Melalui pola belajar seperti itu, rasa ingin tahu anak akan terpupuk, motivasi belajar tumbuh dan secara bertahap anak akan menemukan sendiri definisi dan teori-teori sederhana sehingga mereka dapat berteriak eureka, seperti halnya Archimedes ketika menemukan teori yang hebat itu. Inilah penerapan konsep belajar construktivist untuk mengantarkan anak menjadi calon-calon penemu ulung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: