Paradigma Pembelajaran

Paradigma Pembelajaran di Era Digital
Oleh: Amram Rede

Abstrak

Tulisan ini disari dari beberapa sumber website. Bertujuan untuk memperkenalkan pergeseran paradigma pembelajaran sejalan dengan perjalanan waktu akibat dari pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Paradigma pembelajaran dimasa silam dapat dirumuskan sebagai berikut bahwa belajar secara formal hanya dapat dilakukan di dalam ruangan kelas; bahwa catatan-catatan penting sebagai file belajar hanya dapat disimpan di dalam buku catatan; bahwa sumber belajar hanya terdapat di sekolah dan perpustakaan; bahwa urutan materi pokok dalam silabus harus runut.; dan lain-lain paradigma. Paradigma seperti ini telah mengalami pergeseran yang sangat mencengangkan, akibat dari pemanfaatan teknologi informasi. Produk teknologi ini telah merambah ke masyarakat termasuk merambah kedalam kelas. Interaksi pembelajaran antara guru dan peserta didik dapat dilakukan dimana saja dengan memanfaatkan jejaring internet. Guru dan siswa cukup membawa laptop yang di dalamnya tertumpuk puluhan buku-buku, catatan-catatan, gambar-gambar yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan. Guru dan siswa tidak perlu berlangganan koran dan majalah. Cukup menyelipkan sim card GPS/GPRS kedalam laptop maka koneksi internet segera terhubungkan selanjutnya dapat mengunduh berbagai jenis koran dan majalah, dimanapun dan kapanpun. Siswa berangkat ke sekolah cukup membawa flash disk (media penyimpan) dan MP3 sebagai media voice recording (alat rekam suara dan audi visual). Inilah paradigma belajar yang sedang dan akan terjadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: