Pembelajaran Tematik pada Pokok Bahasan Pemanasan Global

Abstrak
Rede, Amram. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Pokok Bahasan Pemanasan Global untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup (Life Skills), Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Disertasi Program Studi Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Promotor, Prof. Dr. H. Yusuf Abdurrajak; Ko-Promotor I, Prof. Dra. Herawati Susilo, Ph.D.; Ko-Promotor II, Dr. Hedi Sutomo, SU.
Kata Kunci: pembelajaran tematik, kecakapan hudup, pemanasan global.
Pembelajaran tematik merupakan penerapan dari pendidikan holistik yang melihat sesuatu masalah dari berbagai sudut pandang. Pemanasan global (global warming) merupakan permasalahan yang kompleks dimana penanganannya harus ditangani secara holistik. Pembelajaran tematik dipandang sebagai pilihan yang tepat membelajarkan Pemanasan Global kepada siswa Sekolah Dasar.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran tematik pokok bahasan pemanasan global. Penelitian dibagi dalam dua tahap. Tahap penelitian pengembangan dan tahap penelitian eksperimen. Penelitian pengembangan bertujuan mengembangkan tema sentral pemanasan global menjadi beberapa sub-tema. Tahapan ini mengadopsi model pengembangan Kunandar. Selanjutnya setiap mata pelajaran dikembangkan mengacu model pengembangan Kemp yang telah diadaptasi.
Penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecakapan hidup, perbedaan prestasi belajar, dan perbedaan motivasi belajar pada 2 kelompok siswa, yaitu kelompok yang menggunakan perangkat pembelajaran tematik dan kelompok yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, rubrik, dan angket untuk memperoleh data skor prestasi belajar, skor kecakapan hidup, dan skor motivasi belajar. Uji hipotesis digunakan statistik analisis kovarian (Ancova) menggunakan bantuan program SPSS-PC 16 for Windows. Uji reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran soal, dan indeks daya beda soal menggunakan statistik deskriptif .
Sebanyak 118 siswa kelas 5 yang berasal dari 4 SDN terjaring sebagai subjek penelitian. Ke 4 SDN terpilih berasal dari 23 SDN di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang yang menjadi sampel. Sampel pertimbangan (purposive sampling) digunakan dengan alasan ke 4 SDN terpilih berdekatan dengan stasiun BMKG sebagai salah satu sumber belajar pemansan global.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tematik yang telah dikembangkan, potensial untuk diimplementasikan pada pokok bahasan pemanasan global guna meningkatkan hasil belajar, meningkatkan kecakapan hidup, dan meningkatkan motivasi belajar. Hasil analisis statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran tematik dengan kelompok siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional pada semua variabel terikat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: